Riset Jerman Otak Pecandu Smartphone Serupa Para Pecandu Narkoba

Riset di Jerman telah menyimpulkan Kondisi fisik otak pada orang yang kecanduan bermain smartphone ternyata serupa dengan kondisi otak mereka yang mengonsumsi obat-obatan terlarang ( narkoba).

Sebuah riset berjudul “Addictive Behaviors” yang dilakukan peneliti dari Universitas Heidelberg, Jerman telah melakukan pengujian terhadap 48 orang sebagai sampel. Sebanyak 22 orang di antaranya mengidap smartphone addiction alias kecanduan smartphone (SPA). Riset tersebut dilakukan dengan metode pemindaian otak melalui magnetic resonance imaging (MRI).

Ternyata hasilnya dapat terlihat adanya penurunan volume materi abu-abu (gray matter) di jaringan otak bagian inti (insula cortex dan temporal cortex) pada orang yang memiliki SPA. Bagian insula cortex ini berfungsi untuk memproses aktivitas emosional. Apabila volumenya semakin berkurang, hal itu disebut akan mengganggu aktivitas emosional.

Pola ini juga ditemukan pada orang yang kecanduan obat-obatan terlarang. Selain itu, bagian otak anterior cingulate cortex (ACC), yang berfungsi untuk proses kognitif, juga diklaim mengalami penurunan pada pencandu smartphone.

Sebagai referensi bahwa penurunan aktivitas di ACC ini kerap dikaitkan dengan efek stimulus dari beragam obat terlarang yang mengurangi proses kognitif dari otak. Berdasarkan dua temuan tersebut, ditarik sebuah kesimpulan bahwa kondisi otak pengidap SPA atau kecanduan smartphone ternyata mirip dengan pencandu obat-obatan terlarang. (Dirangkum dari CultofMac (26/2/2020).

Kecanduan smartphone telah menjadi fenomena medis yang semakin mendapat perhatian dari para ahli kesehatan selama satu dekade terakhir. Pasalnya, smartphone saat ini kian mudah didapatkan, apalagi pengguna smartphone juga tidak terbatas pada usia. Bahkan, usia anak-anak pun kini sudah bisa mendapatkan smartphone dengan mudah dari orangtuanya.

Jika data dalam penelitian terbaru ini terbukti akurat, maka penelitian ini menjadi bukti pertama yang memperlihatkan adanya pengaruh antara penggunaan smartphone dengan perubahan fisik di otak.

Kecanduan smartphone sendiri saat ini menjadi masalah yang tak berujung lantaran menimbulkan beragam efek bagi penggunanya.Mari Jaga anak kita dari kecanduan smartphone.