Pentingnya Tidur Siang dan Tidur Malam Bagi Anak

Pentingnya Tidur Siang dan Tidur Malam Bagi Anak

Anak Akan tumbuh berkembang lebih maksimal lagi bila ia terbiasa tidur siang dan tidur nyenyak sepanjang malam. Karena di ketika tidur, tubuh anak bakal memproduksi hormon perkembangan yang dapat menambah sistem kekebalan tubuhnya (artinya, anak akan lebih jarang sakit).

Penelitian oleh Columbia University Medical Center, AS, mengadukan bahwa tidur meningkatkan keterampilan belajar anak di seluruh usia. Di samping itu, tidur lumayan juga dapat menangkal anak keletihan yang dapat membuatnya rewel sepanjang hari. Itulah kenapa tidur sangat diperlukan oleh anak. Jika anak belum memadai durasi tidurnya ketika malam hari, ia dapat mencukupinya pada siang hari. Tidur siang memberikan guna baik untuk kesehatan anak sama laksana tidur malam.

Sebuah riset yang dilaksanakan University of Southern Missisipi, AS, yang meneliti laporan dari semua orang tua, mengejar bahwa anak umur 4 – 5 tahun yang tidak pernah tidur siang ternyata mempunyai tingkat hiperaktif yang lebih tinggi, gampang gelisah, dan depresi dibanding anak yang tidur siang minimal seminggu sekali.

Coba 4 Cara inilah untuk merayu anak supaya mau tidur siang:

1. Ajak anak tidur siang tidak lama sesudah ia santap siang
Seperti orang dewasa, anak-anak pun bakal mengantuk sesudah makan. Manfaatkan peluang emas ini untuk menyuruh anak tidur siang. Ciptakan lingkungan nyaman supaya anak dapat tidur lebih cepat. Misal, nyalakan AC atau kipas angin supaya anak tidak kepanasan, matikan TV, dan matikan lampu kamar.

2. Jadwalkan waktu tidur siang yang sama masing-masing hari
Jadwal tidur dan bangun tidur yang tidak jarang kali tepat waktu ialah salah satu langkah mula paling penting andai Anda hendak anak tidur cukup. Sebisa barangkali jadwalkan waktu tidur dan bangun tidur siang pada masa-masa yang sama masing-masing hari, bahkan di hari liburnya sekalipun. Dengan mematuhi jadwal tidur yang teratur masing-masing harinya, tubuh anak menjadi lebih ringan sebab hormon kortisol yang dicungkil lebih teratur. Hormon kortisol yang tidak jarang kali stabil memberinya energi lebih banyak dan tahan lama guna beraktivitas selanjutnya.

Tidur siang mungkin menciptakan anak jadi lebih susah tidur lelap di malam hari. Itu sebabnya, Anda mesti memajukan jadwalnya dan batasi lama waktu tidur siang selama 20-30 menit masing-masing hari. Misal, anak kembali sekolah pukul 12.00, berikan slot 1 jam untuknya santap siang dan mencuci diri. Setelahnya Anda dapat jadwalkan anak tidur siang pukul 13.15 dan bangunkan pada pukul 13.45. Jika anak telah terbiasa tidur di masa-masa yang sama, tubuhnya pun bakal otomatis ikut membudayakan diri sampai-sampai Anda tidak butuh repot-repot lagi merayu anak tidur siang.

3. Ajarkan anak untuk dapat tidur sendiri
Hindari memaksa anak untuk tidur siang, sebab mereka ingin akan menolak, pura-pura tidur, dan justeru lanjut bermain sendiri di kamarnya saat Anda meninggalkannya. Latih anak untuk dapat tidur sendiri tanpa mesti dibujuk. Jika kita rasa anak telah mulai mengantuk, ajak anak ke lokasi tidur dan biarkan sampai tertidur sendiri. Cobalah guna tidak menepuk-nepuk pantatnya atau membelai dahinya. Pasang musik tenang untuk menolong anak cepat tertidur.

4. Jelaskan bahwa ia dapat meneruskan bermain sesudah tidur siang
Banyak anak menampik tidur siang sebab sedang asyik bermain dan tidak hendak melewatkan masa-masa bersenang-senangnya tidak banyak pun. Bagaimanapun juga, anak tetap mesti tidur siang sebab ia butuh. Bila bermain bareng teman, beri definisi bahwa rekan bermainnya pun pun harus tidur siang. Cobalah sampaikan pada anak bahwa ia dapat melanjutkan nonton TV atau bermain lagi sesudah tidur siang.

Jika anak tetap menampik tidur siang, usahakan tidak boleh dimarahi atau dipaksa. Tinggalkan ia dengan sejumlah mainan atau kitab dan berikan ia masa-masa untuk mendinginkan diri. Setidaknya, teknik ini dapat menghemat energinya dan membuatnya tidak banyak bertidur.(enn)