Membantu Anak Lepas dari Kecanduan Smartphone

Bila anak sibuk dengan handphone, duduk terpaku menatap layar hape di genggamannya. sampai lupa makan karena terlalu asyik, hingga tidak menghiraukan orang-orang yang ada di sekitarnya. Pastilah orangtua akan memaksa mengambil hapenya.

Bagaimana respon anak? mulai dari menerima atau justru marah. Nah, bila anak menangis karena tak mau lepas dari gadget, bagaimana menghadapinya? berikut tips psikolog anak.

Caranya walau menangis tetap Ambil Hapenya. Biarkan saja si kecil menangis.Kalau anaknya tidak bisa lepas dari hapenya maka bisa jadi sudah addict, maka kontrol dan konsistensi dari orang tua sangat penting.

jadi bila anak merengek, jangan sampai goyah. Biarkan dulu anak menangis karena yang Anda lakukan demi kebaikan dirinya. Setelah itu, untuk sementara waktu jangan biarkan anak bertemu dengan hapenya.

Sebenarnya anak protes karena keasyikannya itu baru saja terenggut. Karena itu, perlu pengganti keasyikannya.Baiknya orangtua menemani main. berikan alternatif mainan, misalnya ajak main ke playground, pasti anak bisa mulai melupakan hapenya.

Jadi sebagai ganti karena anak tidak bermain hape ajaklah dia si kecil melakukan aktivitas fisik atau physical play, yang melibatkan motorik kasar dan halus Seperti menari, berlari, memanjat, melompat, melukis, mendayung dan sebagainya.

karena physical play punya banyak manfaat, selain pengalih dari gadget, manfaat lainnya yaitu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan jantung, membuat tulang dan ototnya lebih kuat lalu mampu meningkatkan perhatian, konsentrasi dan memori si kecil. Kemudian, anak juga akan merasa percaya diri, toleran terhadap stres, hingga meningkatkan hormon endorfin.