Mengapa Konsep Sekolah Islam Terpadu Lebih Baik

Mengapa Konsep Sekolah Islam Terpadu Lebih Baik

Pilihan Sekolah Islam Terpadu (SIT) sekarang semakin diminati. Hal tersebut sebab nilai-nilai agama Islam jadi pertimbangan utama.

Tentunya Anda hendak si kecil bersekolah di lokasi yang berkualitas, dengan pengajar yang baik, kurikulum mumpuni serta nilai agama Islam yang kental. Pilihan Sekolah Islam Terpadu (SIT) sekarang semakin diminati.

Hal tersebut sebab nilai-nilai agama Islam jadi pertimbangan utama dalam hal edukasi anak. Pilihan sekolah SIT pun mulai tidak sedikit tersebar di sekian banyak wilayah. Bagi lebih mengenal konsep kurikulum SIT, ketahui detailnya.

Konsep Dasar
Sekolah Islam Terpadu (SIT), yakni sekolah yang mengimplementasikan konsep edukasi Islam berlandaskan AlQur’an dan As Sunnah. Konsep operasional SIT adalahakumulasi dari proses pembudayaan, pewarisan dan pengembangan doktrin agama Islam, kebiasaan dan kemajuan Islam dari generasi ke generasi.

Istilah “ Terpadu” dalam SIT dimaksudkan sebagai penguat (tauhid) dari Islam tersebut sendiri. Maksudnya merupakan, Islam yang utuh menyeluruh, dalam segala aspek kehidupan. Bukan hanya berupa pemahaman formal dalam lingkungan sekolah namun mencontohkannya dalam aspek kehidupan sehari-hari.

Kurikulum Tetap Mengacu Depdiknas
Dalam kurikulum dasar, SIT tetap berkiblat pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang adalah acuan dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Namun sekolah melakukan pengembangan cocok dengan nilai-nilai Islam yang menjadi dasar pendidikan.

Dalam aplikasinya, Sekolah Islam Terpadu merealisasikan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan edukasi umum dan edukasi agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini, seluruh mata latihan dan semua pekerjaan sekolah tidak lepas dari bingkai doktrin dan pesan nilai Islam.

Sementara dalam latihan agama, kurikulum diperkaya dengan pendekatan konteks kekinian dan kemanfaatan, dan kemaslahatan.

Implementasi
Pelajaran yang diserahkan sangat lengkap. Berupa edukasi dasar umum dan edukasi agama.Dengan lumayan padatnya latihan dan mengajarkan keterpaduan nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, maka konsep SIT memang full day school. Anak-anak sedang di sekolah dalam masa-masa yang panjang sampai sore hari.

Mereka tak melulu belajar dalam kelas, tapi pun melaksanakan solat mesti dan sunnah secara berjamaah. Saat belajar mengaji, terdapat guru eksklusif yang mengajarkannya. Bukan sekedar menyimak tapi benar-benar diajarkan secara detail teknik membaca yang benar cocok tajwid dan tahsinnya.

Anak-anak juga diajar untuk menghafal Al-Quran. Nantinya ada kitab laporan eksklusif soal seberapa tidak sedikit hafalan anak, dan menjadi nilai urgen dalam sisi akademik.

Orangtua juga harus tercebur aktif dalam menyiapkan anak, menuntun serta menemani anak dalam menjalani tiap kegiatan sekolah. Hal ini sebab sistem sekolah terpadu dengan kata lain sekolah dan orangtua pun bekerja sama dan terpadu dalam urusan mendidik anak.